Advertisemen
Using Components
Component adalah kulit dan bahan pada Suatu objek, dan prilaku dalam sebuah game, mereka adalah potongan fungsional setiap GameObjek. jika anda belum memahami hubungan antara komponen dan GameObjek baca kembali halaman GameObjek sebelum melangkah lebih jauhSeperti yang sudah di bahas di atass bahwa Gameobjek adalah wadah dari berbagai banyak komponen yang berbeda. secara default, semua Gameobjek otomatis memiliki transform komponen. hal ini karena Transform memberi perintah dimana game seharusnya berada, dan bagaiamana rotasi-nya serta seberapa besar/kecil objek itu. sebagai contoh nyata coba buat gameobjek kosong. klik GameObject > Create Empty meni item. Select GameObject yang baru kita buat, dan lihatlah pada inspector
ingat bahwa anda akan selalu mengunakan Inspector view untuk melihat komponent apa saja yang melekat pada gameObject yang di pilih. komponent apa saja yang sedang terpasang atau di hapus Inspetor akan selalu menunjukan komponent mana yang sedang terpasang, anda akan selalu mengunakan Inspector untuk mengubah semua properti setiap komponan (termasuk script)
Adding Components
anda dapat menambahkan komponen ke Gameobjek yang dipilih melalui Component menu. kita akan mencoba menambahkan RigidBody ke GameObjek kosong yang tadi kita buat, select gameobjek kita, kemudian pilih Component > Phiysics > RigidBody dari menu.
ketika anda melakukanya, anda akan melihat RigidBody properti yang muncul pada Inspector, ketika anda klik play maka akan ada perubahan pada GameObjek karena Rigidbody telah meambahkan fungsionalitas pada Gameobjek( posisi game objek seperti turun pada posisi Y, ini di karenakan Physics engine pada Unity ini menyebabkan GameObjek jatuh kebawah karena grafitasi)
pilihan opsi lain adalah menggunakan component Browser(mesin pencari), bisa di tambahkan dengan mengakrifkan componant button pada Objek inspector
The Component Browser
Browser memungkiankan anda untuk menavigasikan komponen berdasarkan katagori dan juga memiliki kontak pencarian yang dapat anda guakan untuk mencari komponen dengan nama
anda dapat melampirkan nomer kombinasi komponen untyk GameObjek tunggal, beberapa komponan bekerja lebih baik dalam kombinasi dengan yang lain, contohnya, rigidbody bekerja dengan Collider jenis apapun. rigidbody mengontrol transform melalui Physics engine NVIDIA PhysX , dan Collider mengizinkan rigidbody untuk berinteraksi dengan Collider yang lainya
Editing Components
Salah satu aspek besar komponen adalah fleksibilitas. Ketika Anda memasang Komponen untuk GameObject, ada nilai-nilai yang berbeda atau properti di Komponen yang dapat disesuaikan dalam editor sambil membangun permainan, atau dengan script ketika menjalankan game. Ada dua jenis Properti utama: Nilai dan Referensi.
Lihatlah gambar di bawah ini. Ini adalah GameObject kosong dengan Audio Source Komponen. Semua nilai-nilai dari Audio Source di Inspektur adalah nilai default.
Advertisemen
No comments:
Post a Comment