-->

GameObjects

Advertisemen


GameObjects(Unity)

GameObject adalah jenis yang paling penting dalam suatu Objek di Unity, hal ini sangat penting untuk di pahami apa itu GameObject, dan bagaimana itu bisa di gunakan

4 GameObjects yang berbeda, animasi, pencahayaan, pohon, dan audio
jawaban dari pertanyaan ini adalah bahwa GameObject adalah suatu wadah, yang di mana dia dapat menampung bagian-bagian berbeda yang di perlukan untuk membuat suatu karakter, pencahayaan, pohon, suara, atau apapun yang ingin dibuat, jadi untuk benar-benar memahami tentang GameObject, makan ada harus paham pula bagian-bagian-nya yang juga bisa di sebut Components
tergantung dari jenis objek apa yang ingin anda buat, kamu akan menambahkan kombinasi yang berbeda dari suatu Component ke GameObject, kita bisa memisalkan GameObject adalah suatu panci yang kosong, dan Component/komponen adalah bahan-bahan yang berbeda untuk membentuk suatu resep dalam Gameplay anda. Unity memiliki banyak jenis Built-in component yang berbeda, dan anda juga bisa membuat Component anda sendiri mengunakan Script.
Pada Bagian ini akan menjelaskan Bagaimana GameObject, Component dan Script yang salang berhubungan, dan bagaimana membuta atau juga mengunakanya

GameObject

GameObject adalah bagaian yang mendasar dalam suatu Objek di Unity yang mewakili suatu karakter, props(peragaan), Scenery(pandangan), dalam hal ini GameObject merupakan wadah untuk komponen yang meng implementasikan fungsinya secara nyata
sebagai contoh, sebuah cahaya dibuat dengan megunakan komponent Cahaya untuk game Objek A

Sebuah Objek kubus padat memiliki MeshFilter dan MeshRenderer Component, untuk membuat kubus terlihat lebih menarik, dan juga BoxCollider component untuk mewakili volume yang padat pada objek dalam hal fisik

Details

Sebuah GameObject selalu memiliki Transform komponen yang terpasang (untuk mewakili posisi dan orientasi) dan tidak mungkin untuk menghapus komponen yang satu ini, komponen lain yang memberikan fungsi pada objek dapat di tambahkan melalui editor komponen menu atau juga bisa di tambahkan melalui scrip, ada banyak juga component yang dapat di gunakan(Primitive shapes, Camera, dll) yang tersedia di menu GameObjec > menu Object 3D, lihat Object Primitive

Memperkenalkan Components

seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya di GameObject, sebuah GameObkjek mengandung component, kita akan mengeksplorasi hubungan ini dengan mendiskusikan sebuah GameObject dan komponen yang paliang umum, Transform Component, dengan Scene Uniti apapun yang terbuka, buatlah sebuah GameObject baru dengan menekan tombol Shift+Ctrl+N di windows atau Sift+Command+N di Mac, select Objek lalu lihatlah di Inspector

Perhatikan bahwa GameObject kosong pun masih mengandung Nama, Tag, dan Layer. SetiapGameObject juga berisi Transform Komponen.

Transform Component / komponen transform

Tidak mungkain membuat suatu GameObject dalam Unity tanpa ada Transform Component, TransformComponent adalah salah satu komponent paling penting, karena semua transform properti di dalam GameObject ini digunakan dalam component ini, component ini mendifinisikan Posisi, rotasi, sekala GameObject dalam dunia permaninan / scene view, jika GameObjek tidak memiliki TrnsformComponent, maka itu tidak lebih hanya informasi yang ada di dalam memory komputer, atau juga bias di katakan berarti dia tidak ada di dalam dunia game kita

Components lain

transform component memang penting untuk semua jenis Gameobjek, sehingga setiap gameobjek pasti punya satu, tapi Gameobjek juga memiliki komponen-komponen yang lainya

bisa kita lihat pada Main Camera Gameobjek, kamu bisa lihat bahwa dia memiliki beberapa komponent yang berbeda, secara khusus terdapat camera component, GUIlayer, FlareLayer, dan audio listener, semua komponent ini memberikan fugsional yang berbeda pada Gameobjek, tanpa mereka semua, tidak akan ada rendering grapik yang bagus pada game yang di mainkan seseorang, Rigidbodies, Colliders, Particles, dan Audio itu semua component yang berbeda ini adalah kombinasi komponent yang dapat di tambahkan ke dalam Gameobjek

Mulai Mengunakan Components

Component adalah kulit dan bahan pada Suatu objek, dan prilaku dalam sebuah game, mereka adalah potongan fungsional setiap GameObjek. jika anda belum memahami hubun selengkapnya tentang Menggunakan Component


http://docs.unity3d.com/Manual/GameObjects.html
http://docs.unity3d.com/Manual/class-GameObject.html
http://docs.unity3d.com/Manual/Components.html
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

No comments:

Post a Comment

© Copyright 2017 Tutorial Unity 3D