-->

IMPORTING ASSET PADA UNITY

Advertisemen


IMPORTING ASSET PADA UNITY

Asset yang dibuat di luar unity harus di bawa masuk ke dalam unity dengan memilih file nya, baik dengan cara langsung di copy ke dalam “asset” folder dari project anda, atau langsung di simpan ke folder tersebut. Anda dapat lansung menyimpan file pendukung anda langsung ke dalam asset folder project anda maka unity akan langsung bias membacanya, unity akan langsung mendeteksi ketika akmu menyimpan perubahan pada file dan akan me-re-import file yang diperlukan
Saat anda membuat projek baru pada unity otomatis unity akan membuat folder baru berupa nama projek anda dan di dalamnya berisi subfolder sebagai berikut


Folder Aset adalah di mana Anda harus menyimpan atau menyalin file yang ingin Anda gunakan dalam proyek Anda.

Isi Window Projectdi Unity menunjukkanitem dalam folder Aset Anda. Jadi, jika Anda menyimpan atau menyalin file ke folder Aset Anda, itu akan diimpordan terlihat di Window Project Anda.

Unity akan secara otomatis mendeteksi file yang ditambahkan ke folder Aset, atau jika mereka dimodifikasi. Bila Anda menempatkan aset apapun ke folder AsetAnda, Anda akan melihat aset muncul dalam ProyekView Anda.

Proyek window menunjukkan aset yang telah diimpor ke proyek Anda

Jika Anda menyeretfile ke dalam UnityProyek window dari komputer Anda (misalnya, dari Finder di Mac, atau dari Explorer pada Windows), itu akanotomatis disalin ke folder AsetAnda, dan akanmuncul di jendela Project.
Item yang Anda lihat di jendela ProjectAnda mewakili (dalam banyak kasus) file yang sebenarnyapada komputer Anda, dan jika Anda menghapusnya dalam Unity, Anda menghapus mereka dari komputer Anda juga.

 Hubungan antara Aset Folder di Unity Proyek Anda pada komputer Anda, dan Project Window dalam Unity

Gambar di atas menunjukkan beberapa contoh file dan folder di dalam folder Aset proyek Unity. Anda dapat membuat banyak folder yang Anda inginkan dan menggunakannya untuk mengatur Aset Anda.
Anda
dapat melihat pada gambar di atas bahwa ada file .meta terdaftar dalam sistem file, tapi tidak terlihat di Unity Proyek Window. Unity menciptakan file-file .meta untuk setiap aset dan folder, tetapi mereka tersembunyi secara default, sehingga Anda mungkin tidak melihat mereka di Anda Explorer / Finder baik.
Mereka berisi informasi penting tentang bagaimana aset tersebut digunakan dalam proyek dan mereka harus
berada pada satu folder dengan file aset dimana mereka akan saling berhubungan, jadi jika Anda memindahkan atau mengganti nama file aset dalam Explorer / Finder, Anda juga harus mengganti nama / memindahkan meta berkas untuk mencocokkan .
Cara paling sederhana
dan aman untuk memindahkan atau mengganti nama aset Anda harus selalu melakukannya dari dalam folder proyek Unity. Dengan cara ini, Unity otomatis akan memindahkan atau mengubah nama file meta yang sesuai.

Beberapa tipe umum Asset pada Unity

File Gambar
Jenis file gambar yang paling umum yang didukung, sepertiBMP, TIF, TGA, JPG, dan PSD. Jika Anda menyimpan berlapis Photoshop (PSD) file ke dalam folder Aset Anda, merekaakan diimpor sebagai gambar pipih

3D Model Files
Jika Anda menyimpan file 3D Anda dari paket software 3D yang paling umum dalam format asli mereka (misalnya, Maks, .blend, .mb, .ma) ke dalam folder Aset Anda, mereka akan diimpor dengan memanggil kembali ke paket 3D FBX Plugin eksporAnda (*). Atau Anda dapat mengekspor sebagai FBXdari aplikasi 3D Andake dalam proyek Unity Anda

Meshes & Animations
Apapun 3D paket yang Anda gunakan, Unity akan mengimpor meshesdan animasi dari setiap file.
File mesh Anda tidakperlu harus memilikisuatu animasi untuk bisa di import diimpor. JikaAnda menggunakan animasi, Anda dapat memilih mengimpor semua animasi dari file tersendiri, atau mengimporfile terpisah, masing-masing dengan satu animasi.

Audio Files 
Jika Anda menyimpan file audio terkompresi ke dalamfolder Aset Anda, mereka akan diimpor sesuai dengan pengaturan kompresi yang ditentukan


http://docs.unity3d.com/Manual/ImportingAssets.html
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

No comments:

Post a Comment

© Copyright 2017 Tutorial Unity 3D