-->

Membuat Game racing 2D dengan Unity part 2 (Lawan dan collision)

Advertisemen

Jreng jrenggg..
ini nih kelanjutan dari postingan sebelumnya yaitu 

pada part2 ini kan agendanya buat mobil lawa, jadi sekarang kita masukkin yellow_car pada scane, rotate mobil dengan cara mengisi nilai z dengan 180 sehingga arah mobil kuning akan berpapasan atau bahkan bisa bertabrakan dengan mobil hijau.
Buat file script untuk mobil kuning langkahnya sama seperti sebelumnya, isikan script seperti dibawah
Lalu masukkan script pada component yellow_green



Sampai disini jika kita play maka mobil merah akan bertabrakan dengan mobil hijau, namun saat bertabrakan belum terjadi collision. Maka selanjutnya kita buat collision untuk membuat suatu kondisi pada saat kedua mobil bertabrakan
Seleksi green_car pada hirarchi, klik add component – phisic2D – pilih rigidbody 2D. Ubah gravity scale menjadi 0.
Tambahkan juga component Box Collider 2D dengan cara klik add component – phisic2D – pilih boc collider 2D.
untuk yellow_car harus ditanbahkan component box collider juga. caranya sama pada saat kita menambahkan box collider pada green_car.
Untuk mendeteksi adanya collision maka kita harus melakukan pengeditan pada script navigasiMobil seperti gambar berikut

Dalam script diatas pada saat mobil hijau mengalami collision atau tabrakan dengan mobil kuning maka aksi yang dilakukan adalah mendestroy atau menghilangkan mobil hijau dan akan tercetak tulisan “aaaa” pada console.

testing nihh..
sebelum nabrak

setelah nabrak 
..
simpel kan.?
sampai disini ada pertanyaan?
sementara sampai disini dulu ya, next time akan saya lanjutin tutorial ini biar jadi lebih asik game nya.

kalo mau file projectnya, monggo download wonten mriki.

 
Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

No comments:

Post a Comment

© Copyright 2017 Tutorial Unity 3D